Mengenal 6 Jenis Jaringan Komputer, Pengertian, Topologi, serta Kegunaannya

Penggunaan internet di dunia sudah tersebar pada hampir seluruh elemen masyarakat, di Indonesia sendiri juga pengguna internet semakin meningkat dengan pesat seiring dengan bertambahnya waktu. Salah satu fungsi dari jaringan komputer di internet adalah kecepatan distribusi informasi agar masyarakat dapat menghubungkan antara jaringan komputer satu dengan jaringan yang lainnya.

Jaringan komputer sendiri memiliki karakteristiknya sendiri tergantung pada jenisnya. Jenis jaringan komputer memang sangat beragam dan masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis jaringan komputer dan juga manfaat dari masing-masing jenis jaringan komputer itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan koneksi yang terjalin antar dua personal komputer ataupun lebih yang saling tersambung, yakni satu komputer akan menggunakan yang lainnya untuk keperluan transfer aneka macam data penting. 

Jaringan komputer akan terhubung apabila perangkat yang masih ada pada pada jaringan tadi mampu saling bertukar informasi ataupun data dan menyebarkan sumber data lainnya. Jaringan komputer itu sendiri dibangun dengan memanfaatkan hardware & perangkat lunak khusus. 

Dalam setiap akhir titik jaringan pun masih ada identitasnya tersendiri yang biasanya dikenal dengan nama IP. IP merupakan sebuah alamat media access controll. Endpoint yang terdapat pada bagian di dalamnya meliputi personal komputer pribadi, telepon, server, & aneka macam jenis hardware jaringan lainnya. 

Uniknya jaringan komputer pun mampu dibentuk menggunakan cara memakai kombinasi dan gabungan dari teknologi kabel dan wireless. Lalu mereka juga mampu memakai jaringan komunikasi menggunakan media transmisi kabel maupun wireless. 

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. PAN (Personal Area Network)

PAN merupakan jenis jaringan komputer personal yang memiliki daerah cakupan yang relatif kecil, Kita bisa menemui mereka pada jaringan yang masih ada pada tempat kerja maupun tempat tingga. Umumnya PAN pun hanya dipakai untuk menyebarkan resources tertentu, misalnya internet dan perangkat seperti mouse dan printer. 

2. LAN (Local Area Network)

LAN adalah sebuah jaringan area lokal, LAN ini akan berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang jaraknya cukup jauh, misalnya pada sebuah gedung, di dalam sekolah, juga tempat tinggal & ruangan tadinya hanya berisi satu LAN saja. 

Anda juga bisa menemukan pemanfaatan LAN pada konektivitas tertentu, yakni untuk kebutuhan token ring maupun ethernet. Selain itu, LAN jua menyediakan jaringan wireless menggunakan jaringan WiFi atau yang bisa kita sebut juga sebagai WLAN (Wireless Local Area Network). 

3. WAN (Wide Area Network)

Bisa dibilang WAN merupakan kumpulan dari jaringan LAN yang sudah beredar luas secara geografis. Perangkat jaringannya lain yang sering kita kenal dengan nama router juga mampu menghubungkan LAN & WAN. Pada jaringan IP, router nantinya akan berfungsi untuk menyimpan alamat LAN & WAN. 

4. CAN (Campus Area Network)

Jenis jaringan komputer CAN ini sesuai dengan namanya, dan fungsinya hampir sama dengan menggunakan WAN, tetapi ruang lingkupnya spesifik hanya terbatas di dalam area kampus atau bangunan akademisi saja. Jaringan CAN lebih dibutuhkan saat suatu instansi akademis ingin melakukan pengembangan pada ruang kelas, ruang praktek, lab, dll.

5. Internet

Seperti yang sebelumnya telah kita jelaskan pada pembukaan di atas, internet merupakan jaringan paling mutakhir yang pernah diciptakan oleh umat manusia. Cakupannya mampu menjangkau pada seluruh negara. Siapapun mampu melakukan akses berita, berbagai macam informasi, fakta, & aneka macam hal lainnya pada perangkat mereka masing-masing. Perangkat pintar tersebut juga sudah tersebar mulai dari smartphone, PC, laptop, TV, & aneka macam perangkat pintar lainnya.

6. VPN (Jaringan Pribadi Virtual) 

VPN adalah sebuah solusi yang mampu menyediakan koneksi internet yang memiliki keamanan yang lebih tinggi. VPN mampu membuat jalur khusus yang aman untuk tujuan transmisi data. Saat ini banyak juga platform yang menjual VPN secara gratis.

Baca juga : Ini Dia 7 Web Proxy Gratis yang Bisa Anda Coba

Topologi Jaringan Komputer 

Dalam jaringan komputer, topologi juga mengacu pada pengaturan perangkat yang terhubung satu sama lain. Kita dapat menganggap topologi jaringan komputer ini sebagai semacam jaringan virtual. Topologi jaringan komputer ini juga bisa kita klasifikasikan ke dalam beberapa kategori di bawah ini. 

1. Topologi Bus 

Topologi bus merupakan sebuah jenis topologi dimana terdapat satu kabel. Pada kabel tersebut setiap workstation dan server akan saling terhubung. Keuntungan dari  topologi ini adalah ketika ingin memperluas jaringan dan workstation baru, workstation lain tidak akan terganggu. 

2. Topologi Ring 

Topologi ring terbentuk ketika suatu perangkat terhubung dan terlihat seperti bentuk cincin.. Dengan demikian, masing-masing workstation pada topologi ring ini akan menerima informasi dari satu perangkat ke perangkat  lainnya. 

Kelebihan yang ada pada topologi jaringan komputer ini adalah tidak akan terjadi crash atau tabrakan antar data. Namun, jika salah satu node berubah, maka semua jaringan akan runtuh.

3. Topologi Bintang

Topologi bintang atau star adalah jenis topologi dimana setiap workstation memiliki jalur yang  terhubung langsung dengan yang lain melalui hub atau server. Keuntungan dari topologi jaringan ini adalah jika salah satu workstation mati, jaringan lain tidak akan terpengaruh. 

Hal ini bisa terjadi karena setiap stasiun kerja memiliki kabel atau salurannya sendiri. Namun kekurangannya adalah jaringan dengan topologi star sangat mahal karena akan membutuhkan kabel yang cukup banyak. 

4. Topologi Pohon / Tree

Pada dasarnya, topologi tree adalah sebuah kombinasi antara topologi star dan bus. Topologi jaringan komputer ini berbentuk seperti akar pohon, sehingga hanya perangkat pusat yang  terhubung langsung ke bus pohon. Selanjutnya, setiap akar ini akan berguna sebagai pusat pohon. 

Kelebihan dan  kekurangan dari topologi ini sebenarnya akan mirip dengan topologi star dan bus. Namun, jaringan pohon akan mendukung dirinya sendiri jika ada ekstensi jaringan yang lebih baik. 

5. Kisi-Kisi 

Jenis topologi ini digunakan ketika ada hubungan komunikasi yang telah terputus secara mutlak antara node dengan jaringan komputer. Dimana setiap perangkat akan langsung terkoneksi asalkan tetap berada di jaringan yang sama. 

Kelebihan  topologi jaringan komputer ini adalah komunikasi yang terjalin antar komputer akan lebih cepat dan tingkat keamanan akan lebih terjamin. Namun biaya yang dibutuhkan cukup besar karena harus mensuplai kabel dalam jumlah yang sangat banyak.

Kegunaan Jaringan Komputer 

Membangun  jaringan komputer adalah  hal yang penting karena harus melakukan perhitungan yang matang. Nah, beberapa keunggulan jenis jaringan komputer yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kita dapat berbagi sumber daya dan sumber data tanpa adanya masalah waktu dan jarak. 

Selain itu ia juga berguna untuk memelihara dan memfasilitasi pengelolaan keamanan data di sebuah perusahaan atau personal. Jaringan komputer akan dapat menciptakan banyak kegiatan komunikasi antara tim atau dengan orang lain secara cepat dan akurat. Informasi yang dikirim juga akan lebih cepat dikenali oleh perangkat penerimanya. Hal ini akan sangat membantu aktivitas manusia untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif. 

Penutup

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang ditautkan bersama dan digunakan untuk berbagi data secara tepat dalam waktu yang singkat. Ada 6 jenis jaringan komputer yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita, dengan mengacu pada karakteristik dari masing-masing jenis jaringan internet. Pada penggunaan personal maupun di perusahaan, kehadiran jenis jaringan komputer ini tentu saja mampu memfasilitasi manajemen data dan informasi dengan baik dan sangat efektif.