Apa itu Firewall? Pengertian dan Fungsinya

Mungkin beberapa dari Anda sering mendengar istilah firewall. Sebagian dari kita mungkin pertama kali menemukannya saat membaca salah satu opsi pengaturan di komputer. Firewall sering disimbolkan dengan ikon bola dunia dengan tembok bata berwarna merah. 

Lantas sebenarnya apa itu firewall? Apa saja fungsinya dan bagaimana cara kita memanfaatkannya? 

Pada ulasan kali ini Anda akan mempelajari lebih lengkap mengenal firewall. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, kegunaan yang bisa kita manfaatkan, hingga cara kerjanya. Dengan begitu Anda akan bisa meningkatkan keamanan yang ada pada komputer Anda.

Apa Itu Firewall?

Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang sangat berguna untuk melindungi komputer Anda dari berbagai ancaman, virus, dan jailbreak dari seluruh jaringan internet.

Dengan kata lain, dengan memanfaatkan fitur ini kita akan dapat memasang sekat atau tembok yang dapat memberikan batas antara komputer dengan jaringan online  internet. Firewall atau “tembok api” ini akan bisa membuat Anda mengatur segala macam data, informasi penting, serta berbagai macam kegiatan yang akan sering Anda akses dari jaringan internet ke komputer, begitu pula sebaliknya.

Walaupun fitur ini memiliki berbagai macam kemampuan, tidak semua Firewall memiliki jenis yang sama. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis Firewall yang patut Anda ketahui.

Jenis-Jenis Firewall

Secara umum kita bisa membagi firewall menjadi dua jenis utama, yaitu jenis hardware dan  software. Keduanya akan mempunyai konfigurasi atau pengaturan yang sangat berbeda. Meski begitu, keduanya masih memiliki fungsi utama yang sama dalam melindungi komputer dari berbagai macam ancaman jaringan.

Firewall Hardware

Melansir Niaga Hoster, Firewall dengan basis hardware adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang ada di dalam sebuah sistem jaringan, contoh yang paling umum adalah router.

Jenis yang satu ini umumnya akan menggunakan sebuah konfigurasi khusus agar dapat bekerja secara efektif. Dengan basis hardware, maka fitur tersebut akan menggunakan teknik filtering agar bisa menyaring informasi mengenai packet utama, sumber, dan tujuannya.

Secara internal, sistem akan melakukan perbandingan data menggunakan berbagai macam coding dan aturan yang sudah ditetapkan. Kemudian, mereka akan dapat memberikan eksekusi sesuai dengan hasil pengolahan data, dengan cara memutuskan data mana yang perlu dihalangi, atau data mana yang layak untuk diteruskan ke tujuan.

Firewall Software

Jenis kedua adalah dengan basis berupa software. Jenis tersebut adalah sebuah solusi agar kita bisa memberikan perlindungan jaringan yang aman saat menggunakan internet di rumah.

Biasanya, Anda akan menemukan jenis ini dalam format berupa aplikasi terpisah, atau bisa juga berupa fitur tambahan dari sebuah software anti-virus. Jenis sistem yang satu ini dapat memberikan perlindungan dari trafik inbound dan juga outbound. Basis software juga bisa mengamankan perangkat Anda dari virus Trojan serta Worm.

Fungsi Firewall

Alasan keamanan untuk data yang ada dalam komputer kita tentunya bisa menjadi penyebab utama bagi kita untuk menggunakan firewall. Hal ini diperlukan agar kita bisa memberikan perlindungan utama bagi informasi yang ada pada perangkat kita. 

1. Melindungi dari Hacker

Seperti yang sudah sering kita ketahui, pemasangan fitur keamanan ini akan dapat memberikan sekat antara data internal dengan akses luar dari jaringan internet. Dengan menggunakan firewall kita bisa menghindarkan diri dari serangan hacker dan pengguna asing yang ingin mengakses data yang kita miliki. 

2. Block Pesan Spam dan Promosi

Anda mungkin sering mendapatkan pesan promosi maupun pesan-pesan misterius yang sering  mengatakan bahwa komputer Anda sedang dalam bahaya. Padahal sebenarnya pesan tersebut hanyalah spam agar Anda bisa terpancing untuk melakukan klik dan menginstall program-program yang justru akan membahayakan komputer Anda.

Dengan melakukan pemasangan fitur ini, Anda bisa menolak berbagai macam pesan spam tersebut agar tidak mengganggu Anda saat melakukan penjelajahan di internet.

3. Block Konten yang Tidak Anda Inginkan

Selain memblokir pesan spam, Anda juga bisa melakukan block pada website dan konten yang tidak Anda inginkan. Dengan begitu Anda bisa mengatur secara spesifik mengenai konten macam seperti apa yang tidak ingin Anda tampilkan saat menjelajah internet.

Baca juga: 6 Cara Membuat Website untuk Pemula

4. Bermain Game Online Menjadi Lebih Aman

Pada saat kita memainkan sebuah permainan atau game online, maka komputer kita akan memiliki risiko yang lebih tinggi dalam hal keamanan. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pertukaran data secara cepat yang akan terjadi antara berbagai macam jaringan yang ada secara online. Jadi, kesempatan bagi hackers untuk dapat menyisipkan malware ke komputer Anda menjadi lebih besar.

Hal tersebut bisa kita cegah dengan pemasangan firewall, agar dapat mendukung server game online yang umumnya sudah dilengkapi dengan  fitur keamanan yang canggih. Jadi ada baiknya agar kita tetap melakukan pemasangan fitur ini pada game online untuk berjaga-jaga.

5. Monitor Bandwidth

Firewall tidak hanya bisa berfungsi dalam memastikan keamanan jaringan pada komputer dan perangkat Anda. selain itu, sistem ini juga memiliki fungsi utama dalam melakukan monitor dan memberikan batasan akses bandwidth yang ingin Anda gunakan.

Sebagai contoh, Anda bisa melakukan pembatasan terhadap beberapa konten hiburan spesifik, gambar-gambar yang mengganggu, serta musik yang tidak jelas asalnya. Anda bisa mengatur agar perangkat Anda bisa memberikan prioritas pada bandwidth untuk bisa melakukan akses pada konten-konten lebih penting, seperti edukasi dan kepentingan bisnis.

6. Mengakses Layanan VPN

Selain itu, fungsi firewall adalah memungkinkan Anda agar dapat melakukan koneksi Virtual Private Network atau yang sering kita kenal dengan nama VPN. Lewat layanan VPN, kita akan memiliki layanan privasi yang lebih baik pada saat melakukan akses pada jaringan internal online.

Layanan VPN juga bisa memberikan kemampuan agar Anda bisa melakukan akses pada konten atau website yang sudah terblokir oleh beberapa pihak tertentu. Hal ini sangat menguntungkan Anda dalam hal meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan data sharing.

Cara Kerja Firewall

Terdapat 3 jenis cara kerja firewall, Dalam pemanfaatannya mereka bisa mengkombinasikan beberapa cara dari ketiga jenis cara tersebut.

1.Packet Filtering (Stateless)

Cara kerja firewall yang pertama adalah dengan menggunakan aturan packet filtering. Filter tersebut akan memeriksa setiap packet secara terpisah dan terisolasi. 

Setelah semua packet sudah dinyatakan aman maka grup packet tersebut bisa masuk ke sistem selanjutnya.

2. Proxy Service

Cara kerja yang satu ini akan bekerja dengan cara menjadi penghubung antara sistem jaringan satu dengan yang lainnya. Proxy akan bertugas dalam pemeriksaan setiap paket data yang akan saling ditukarkan dalam jaringan.

Proxy dapat dengan efektif menghubungkan jaringan secara langsung dengan cara meng-copy mekanisme yang mirip dengan paket data yang ia periksa.

3. Stateful Inspection

Sistem ini akan menelusuri setiap paket data yang ada dengan cara membandingkan dengan aktivitas-aktivitas yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Kemudian paket akan diperiksa di dalam database packet yang sudah ada. 

Penutup

Firewall adalah sebuah sistem keamanan yang tidak boleh kita remehkan dan lewatkan begitu saja dalam proses akses internet. Firewall akan memberikan sistem keamanan yang dapat memberikan kenyamanan saat Anda melakukan penjelajahan dan transfer data yang ada di internet. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir bahwa komputer Anda akan terpapar virus, atau seorang hacker dapat mencuri data Anda.

Lewat artikel ini, harapan kami agar Anda bisa mengetahui apa itu firewall, serta fungsi dan pentingnya memasang pada perangkat Anda. Semoga artikel bisa menjadi pedoman agar Anda bisa lebih memahami secara rinci mengenai seluk beluk keamanan selama berselancar di internet. 

Jika Anda memiliki beberapa pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah, dan jangan lupa share jika Anda merasa artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa dan salam sukses!