4 Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Efektif

Anda pernah mengalami keadaan dimana laptop menjadi semakin lemot? Mungkin Anda harus membersihkan cache pada laptop Anda. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus cache di laptop Anda.

Apa itu Cache?

Cache adalah sekumpulan data-data yang tersimpan pada sebuah perangkat pintar seperti HP, laptop, tablet dan yang lainnya..

Cache memiliki fungsi untuk memuat data yang memang sudah Anda akses sebelumnya. Jadi saat Anda mengaksesnya kembali perangkat Anda akan menjadi lebih cepat dan responsif. Namun di sisi lain data cache yang terlalu besar tersebut juga bisa membuat harddisk atau penyimpanan Anda menjadi cepat penuh dan proses perangkat menjadi lebih lama.

Cara Menghapus Cache di Laptop

Cara menghapus cache di laptop adalah sebuah tindakan yang Anda perlukan agar laptop Anda tidak lemot dan memakan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Untuk menghapus cache laptop sebenarnya tidaklah sulit, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam cara yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara menghapus cache di laptop untuk para pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Ada 4 cara yang bisa Anda gunakan dalam menghapus cache laptop.

1. Melalui Folder Temp

Cara pertama adalah melalui folder temp. Temp sendiri merupakan singkatan dari temporary, atau data-data sementara. File cache memang memiliki nama lain berupa temp. 

Pada semua laptop yang menggunakan sistem operasional Windows, kita dapat dengan mudah mengakses semua cache pada file-file temporary pada sebuah folder khusus, yakni folder Temp.

Folder temp adalah sebuah folder yang akan berisi seluruh file cache yang tersimpan pada laptop Anda. File ini juga akan berisi  semua file dari browser seperti cookies, history pada peramban Anda, serta banyak data cache lainnya juga ada di folder ini.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam pembersihan file cache laptop adalah dengan mengakses folder temp dan menghapus seluruh file yang ada pada folder ini. Folder ini terkadang juga memiliki ukuran yang sangat besar.

Caranya menghapus cache dengan folder temp adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, silahkan Anda buka program RUN. 
  2. Kemudian tekan tombol Windows + huruf R pada keyboard Anda.
  3. Setelah itu Anda ketik Temp.
  4. Setelah itu silahkan Anda klik OK.
  5. Setelah itu maka akan muncul jendela baru. Anda akan menemukan banyak sekali file dan folder disana. 
  6. Klik Ctrl + A untuk memilih semua file tersebut.
  7. Klik tombol Delete untuk menghapus seluruh file cache tersebut:
  8. Masih belum selesai, buka program Run kembali dan ketikkan %temp%.
  9. Klik OK:
  10. klik Ctrl + A pada keyboard.
  11. Klik Delete untuk menghapus seluruh isi dari folder %temp% tadi.
  12. Kemudian silahkan restart laptop Anda.

2. Memakai Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan sebuah fitur Windows yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menghapus cache di laptop serta seluruh junk files. File-file tidak berguna yang ada pada  drive Anda bisa dihapus secara otomatis menggunakan fitur ini.

Jadi setelah Anda melakukan penghapusan melalui file temp, sebaiknya Anda melanjutkan menggunakan fitur Disk Cleanup ini. Fitur ini akan membantu melakukan pembersihan pada wilayah yang belum berhasil dihapus oleh file temp, karena memang tidak semua cachenya sudah hilang. dibawah ini tata cara menghapus cache di laptop dengan disk clean up:

  1. Pertama, silahkan Anda klik kanan pada drive sistem Anda, umumnya ada pada drive C.
  2. Lalu klik Properties:
  3. Setelah itu silahkan Anda klik Disk Cleanup
  4. Kemudian Anda centang opsi clean yang ingin Anda lakukan. Jangan lupa agar Anda juga mencentang opsi dari Recycle Bin.
  5. Klik OK, dan silahkan tunggu proses pembersihan tersebut. 
  6. Jika Anda sudah selesai, maka  lakukan restart laptop Anda.
  7. Anda juga bisa mengulang cara ini untuk beberapa drive lainnya (D: E: misalnya), agar semua file cache bisa terhapus.

Bukan cuma junk files, dengan menggunakan Disk Cleanup Anda bisa membersihkan data-data lain. Umumnya file-file seperti format txt yang berisi catatan tertentu pada Windows, file-file yang ada pada recycle bin, serta berbagai macam data-data internet juga bisa Anda hapus menggunakan Disk Cleanup.

Baca juga: 4 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Hidup Maupun Mati

3. CCleaner

CCleaner merupakan sebuah aplikasi populer yang sudah menjadi favorit banyak pengguna dalam hal menghapus cache dan beberapa file sampah lainnya dari perangkat Anda.

Aplikasi ini memang sudah memiliki dedikasi khusus untuk melakukan optimalisasi sistem, melalui berbagai macam pembersihan file sampah. CCleaner berusaha agar perangkat kita selalu berada dalam kinerja yang maksimal.

CCleaner juga sudah menyediakan berbagai macam fitur, mulai dari fitur untuk membersihkan Registry, file pada Data browser, melakukan Uninstall aplikasi dan file yang rumit, serta menghapus beberapa game atau software.

Selain itu, dengan memanfaatkan aplikasi CCleaner Anda bisa menghapus cache di laptop dengan sangat mudah. Berikut adalah cara menghapus cache di laptop menggunakan CCleaner.

  1. Langkah pertama dalam penggunaan CCleaner silahkan Anda buka aplikasi CCleaner Anda.
  2. Anda bisa mengunduh dan melakukan install terlebih dulu jika Anda belum memiliki aplikasi ini melalui website resmi https://www.ccleaner.com/
  3. Lalu silahkan masuk ke Menu Cleaner:
  4. Kemudian silahkan Anda pilih opsi dan fitur apa saja yang ingin Anda lakukan. Lokasi mana saja yang ingin Anda bersihkan.
  5. Setelah itu silahkan Anda klik Run Cleaner
  6. Kemudian Anda tinggal menunggu prosesnya. Durasi mengenai lama tidaknya proses pembersihan mereka akan tergantung dari seberapa banyak file cache yang ada pada laptop Anda.
  7. Setelah Anda selesai membersihkan file, silahkan restart laptop Anda.

Dalam melakukan berbagai macam fitur pada aplikasi CCleaner, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Ada banyak sekali pilihan-pilihan untuk membersihkan cache pada aplikasi ini, namun hanya gunakan yang memang benar-benar Anda butuhkan saja.

4. Aktifkan Storage Sense

Storage Sense adalah sebuah fitur yang bisa membantu Anda mengatur semua file cache pada  laptop Anda. Dengan menggunakan fitur ini maka semua file cache laptop Anda akan teroptimalisasi secara otomatis oleh Windows.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini setelah Anda menghapus semua cache menggunakan ketiga cara sebelumnya.

  1. Pada kolom search silahkan Anda ketik “Storage Sense”.
  2. Buka fitur yang muncul bertuliskan “Turn On Storage Sense”.
  3. Kemudian Anda klik toggle agar pengaturan Storage Sense Anda menjadi aktif (On)
  4. Tutup jendela tersebut.
  5. Selesai, silahkan Anda restart laptop Anda.

Sebagai catatan penting, fitur Storage Sense ini hanya bisa Anda akses pada Windows 10 saja.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menghapus cache di laptop dengan mudah. Dengan cara-cara tersebut, kami bisa menjamin bahwa file cache yang ada pada laptop Anda akan terhapus sepenuhnya. Fitur Storage Sense juga akan memberikan optimasi cache setelah Anda mengaktifkannya.

Cara tersebut sebaiknya secara rutin Anda lakukan dalam kurun waktu tertentu, seperti setiap seminggu sekali atau bahkan lebih sering lagi. Jangan biarkan file cache Anda bertahan terlalu lama di dalam laptop Anda karena akan memperlambat kinerja laptop.

File cache ini memang akan selalu muncul di dalam perangkat selama Anda masih memakai laptop tersebut.

Semoga bermanfaat.