6 Cara Membuat Website untuk Pemula

Anda sedang ingin mempelajari cara membuat website dengan mudah dan tanpa keahlian coding? Anda sudah berada pada artikel yang tepat! 

Pada ulasan kali ini kami akan menjabarkan secara rinci tentang cara membuat website penghasil uang dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Website dengan Domain Sendiri

Bagi seorang pemula yang tidak pernah melakukan coding, tentu membuat website akan terdengar sangat rumit dan sulit. Membuat website memang penuh dengan aktivitas teknis yang cukup memusingkan bila kita tidak tahu harus mulai dari mana. Padahal, dengan adanya kemajuan teknologi, kini pembuatan website semakin mudah dan praktis, Anda cukup mengikuti 5 langkah yang ada di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Website

Sebelum membahas terlalu teknis, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan pembuatan website tersebut. Jenis website apa yang ingin Anda bangun dan konsep website seperti apa yang ingin Anda gunakan. Pemilihan jenis yang tepat akan mempengaruhi keputusan pemilihan hosting, domain, dan tema yang akan Anda gunakan.

Ada beberapa jenis website yang bisa Anda bangun mulai dari toko online untuk menjual berbagai macam barang, blog untuk melakukan update informasi, web portofolio untuk membangun identitas online Anda secara profesional, platform situs berita, website forum, maupun jenis website lainnya.

Tentukan jenis website yang sesuai dengan tujuan pembuatan website Anda.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Wifi

2. Memilih Platform Website

Sebenarnya cara membuat website bisa dilakukan tanpa memerlukan keahlian coding sama sekali, maka Anda perlu memilih jenis platform yang tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu mempelajari code HTML, CSS bahkan PHP.

Solusi terpopuler yang biasa digunakan oleh para pemula adalah dengan menggunakan WordPress. Platform tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan pembuatan website tanpa harus menguasai pemrograman. 

3. Memilih Hosting

WordPress memang bisa Anda gunakan secara gratis, namun dalam cara membuat website Anda akan memerlukan sedikit biaya untuk pembelian hosting dan nama domain.

Web Hosting adalah tempat penyimpanan file website Anda agar bisa diakses secara online. Anda harus memilih layanan hosting dengan hati-hati, agar data website Anda bisa aman dan proses aksesnya lancar.

Shared Hosting

Ada beberapa jenis layanan hosting yang bisa Anda pilih, seperti shared hosting, cloud hosting, dan VPS. Shared hosting memiliki kelebihan dengan harganya yang relatif terjangkau dan sangat mudah pengoperasiannya. Shared hosting memiliki dukungan layanan support. Jadi ketika ada terjadi masalah Anda akan mendapatkan bantuan dari customer support. Jenis hosting ini sangat cocok untuk pemula yang baru mulai membuat website.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah perpaduan dari kemudahan dalam pengelolaan dari shared hosting dan kapasitas besar yang ada pada VPS hosting. Kelebihan dari Cloud hosting adalah adanya kemudahan dalam mengelola trafik yang tinggi, sumber daya yang besar, mudah untuk Anda kelola, memiliki keamanan yang baik, serta kapasitas yang besar.

VPS Hosting

VPS hosting memiliki daya tampung trafik yang sangat tinggi, VPS sangat cocok untuk para developer yang sudah ahli dan berpengalaman. Karena konfigurasi server harus bisa Anda lakukan secara mandiri.

Kelebihan lain dari VPS hosting adalah performanya yang optimal dengan dukungan dari perangkat terbaik, reputasi online lebih baik dengan IP khusus, kebebasan dalam pengelolaan, kemudahan dalam melakukan backup, dll.

4. Memilih Nama Domain

Selain hosting, cara membuat website selanjutnya adalah memiliki sebuah nama domain. Domain dan hosting adalah alamat unik agar semua orang dapat mengunjungi website Anda.

Domain adalah alamat website unik milik Anda sendiri, agar orang dapat dengan mudah melakukan navigasi menuju website kita. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis ekstensi domain mulai dari .CO.ID, .COM, .NET, .ONLINE, .SITE, .WEBSITE, DLL.

Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan dalam menentukan nama domain.

  • Gunakan kreasi ekstensi, dan jangan terpaku hanya pada .COM.
  • Hindari penggunaan tanda hubung maupun penggunaan angka.
  • Pastikan domain Anda aman dan tidak menyalahi copyright orang lain
  • Pilih nama yang singkat, padat, dan jelas
  • Sesuaikan dengan citra bisnis yang ingin Anda bangun
  • Jangan terlalu lama menunda pembelian domain karena bisa jadi ide Anda akan diambil oleh orang lain. 

5. Pemasangan WordPress

Pada beberapa provider, Anda bisa melakukan fitur Auto Install WordPress yang akan sangat memudahkan Anda dalam cara membuat website.

Namun Anda juga bisa memasang WordPress secara manual dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Login ke halaman cPanel Anda pada http://namadomainanda/cpanel
  2. Buka Softaculous Installer, dan klik logo WordPress
  3. Silahkan Anda klik tombol Install Now
  4. Pilih nama domain Anda yang ada pada kolom Choose Domain
  5. Isi nama website Anda secara lengkap beserta dengan deskripsinya
  6. Masukkan username yang sesuai beserta dengan password WordPress yang ingin Anda gunakan, pastikan Anda mencatat dan mengingat kombinasi ini.
  7. Selesai, maka Anda akan mendapatkan pesan sukses dan alamat website, selain itu Anda akan mendapatkan URL login ke dashboard admin.

6. Optimasi WordPress

WordPress yang sudah Anda pasang adalah versi default. Anda harus melakukan optimasi pengaturan agar bisa membangun sebuah website yang optimal. Untuk itu Anda perlu melakukan login terlebih dahulu pada halaman WordPress Anda.

  1. Buka alamat padawww.domainanda.com/wp-admin
  2. Masukkan Username dan Password WordPress yang sudah Anda buat pada langkah pemasangan WordPress
  3. Selesai, Anda akan berhasil masuk ke halaman WordPress Anda

Setelah masuk, maka Anda bisa mulai melakukan optimasi situs website dengan menggunakan WordPress. 

1. Tema

Saat sudah masuk WordPress, Anda bisa memilih tema WordPress dengan mengakses pada menu Appearance > Themes > Add New. Setelah itu Anda bisa memilih tema pada kolom pencarian.

2. Sitemap

Sitemap adalah daftar halaman website yang akan menjadi sistem akses oleh user dan search engine. Sehingga bisa memberi petunjuk pada user dan search engine mengenai isi dari website tersebut.

Anda bisa menggunakan Yoast SEO dan Sitemap XML dalam melakukan optimasi sitemap, untuk penjelasan lengkapnya Anda bisa mempelajari cara membuat sitemap.

3. Ubah Permalink

Permalink yang baik adalah yang mengandung judul atau keyword. Gunakan permalink yang pendek dan hindari penggunaan angka. Permalink bisa Anda ubah dengan mengakses menu Settings > Permalinks. 

4. Atur Keamanan

Pengaturan keamanan bisa Anda tambahkan agar website Anda aman dari serangan hacker, virus, malware, dan serangan berbahaya lainnya. Anda bisa menggunakan password rumit, serta memasang beberapa plugin keamanan.

5. Install Plugin Backup

Terdapat cara membuat website anda lebih aman, yaitu dengan menambahkan plugin atau tools yang bisa membantu Anda dalam melakukan backup data website secara menyeluruh dan berkala. Agar Anda bisa menghindari adanya kehilangan data-data penting yang ada pada website.

Penutup

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membuat website dengan menggunakan domain Sendiri?

Demikian 6 tata cara membuat website untuk pemula tanpa membutuhkan keahlian coding. Anda bisa memulai pembuatan website Anda mulai dari online shop, blog, portal berita, landing page, hingga berbagai macam jenis website lainnya.