5 Rekomendasi Browser Terbaik yang Bisa Anda Coba

Browser adalah software yang bisa kita gunakan untuk membuka sebuah halaman web. Teknologi informasi yang berkembang pesat memunculkan banyak sekali pilihan browser, bahkan saat ini sudah banyak jenis aplikasi browser yang menawarkan fitur-fitur yang canggih dan menarik. Jadi bagi Anda yang suka berselancar di dunia maya, maka Anda perlu tahu aplikasi browser terbaik mana yang paling cocok untuk Anda. 

Pada artikel ini, kami ingin membahas 5 aplikasi browser terbaik dan tercepat yang bisa Anda coba agar bisa mendapatkan pengalaman penjelajahan internet yang aman dan nyaman. Dengan begitu Anda bisa menentukan mana browser yang paling cocok untuk Anda gunakan pada komputer Anda.

 1.Google Chrome 

Google Chrome dinobatkan sebagai browser terbaik saat ini. Meskipun pada awal peluncurannya pada tahun 2008, aplikasi ini masih berjuang untuk bersaing dengan pemain lama yang sudah menjadi browser dominan seperti browser Internet Explorer, Firefox dan Safari. 

Pada tahun 2018, Google merombak total browser Chrome dengan meluncurkan pembaruan keamanan reguler. Pada awal 2019, Google Chrome mampu mendapatkan 65% pasar pengguna di pangsa pasar browser desktop global menurut Statcounter

Kelebihan Google Chrome: 

  • Kecepatan Tinggi 

Kemunculan berbagai jenis halaman web belakangan ini terkadang memperlambat kinerja browser. Namun, kondisi ini tidak memengaruhi Google Chrome. Bahkan di halaman web yang kompleks, Chrome masih sangat presisi dan responsif. Hal Ini bisa terjadi berkat adanya mesin JavaScript V8 yang digunakan oleh Chrome. Mesin ini dikatakan sebagai versi JavaScript tercepat. 

  • Desain Menarik

Pada tahun 2018, Chrome melakukan makeover dengan konsep desain material Google. Perubahan ini memberi Chrome antarmuka yang ramping dan minimalis. 

  • Aman dan Nyaman Digunakan 

Google terus berupaya memperbarui fitur keamanan Chrome. Berkat teknologi tinggi, Chrome kini dapat memblokir situs web berbahaya secara otomatis, menghapus semua jenis perangkat lunak perusak, dan secara otomatis menampilkan ikon gembok untuk memberitahu Anda saat situs web aman untuk dikunjungi. 

  • Banyak Ekstensi

Google Chrome memfasilitasi pengguna dengan berbagai jenis aplikasi dan ekstensi. Dari game, mesin pencari, alat dan tools untuk meningkatkan produktivitas, fitur belanja dan pembelian, ekstensi pengembang khusus, dan masih banyak lagi. Setiap ekstensi juga selalu didukung dengan pembaruan tambahan yang dapat diunduh dengan mudah. 

Kekurangan Google Chrome 

  • Bug dan Error

Seperti browser lainnya, Google Chrome juga sering terkena bug dan error yang kemudian menghambat pengguna saat browsing internet. Namun, kondisi ini cukup tidak berlangsung lama karena tim pengembang Google selalu berusaha untuk memperbaikinya dengan cepat. 

  • Penggunaan RAM yang Besar

Meski banyak orang yang mengagumi kecepatan akses di Chrome, sayangnya aplikasi ini terkenal memakan RAM. Jadi ketika PC mencapai batas tertentu, akses internet bisa sangat lambat, atau yang terburuk, akan hang atau crash.

2. Mozilla Firefox

Opsi browser terbaik berikutnya merupakan Mozilla Firefox. Browser ini dibuat sang Mozilla Foundationyang mulanya diberi nama Phoenix dalam tahun 2002. Lalu, mereka memutuskan agar nama Phoenix diganti dengan nama baru yaitu Mozilla Firefox. 

Sejak awal perilisannya, sudah banyak calon pengguna yang sangat antusias untuk mencoba memakai browser keluaran Amerika ini. Bahkan, pada tahun 2008 Mozilla Firefox berhasil meraup banyak sekali pengguna yang dulunya memakai Internet Explorer. Tercatat di awal kemunculannya mereka berhasil mengumpulkan jumlah pengguna sebanyak 500 juta kali unduhan.

Di tahun 2017, Mozilla Firefox pun merilis sebuah versi menggunakan nama Mozilla Firefox Quantum yang dibekali dengan fitur yang lebih cepat. Tetapi pada tahun 2019, Firefox kembali lagi melakukan pembaruan versi mereka menggunakan sebutan Firefox Browser. 

Kelebihan Mozilla Firefox

  • Jaminan Keamanan

Mozilla Firefox memiliki kelengkapan fitur sistem keamanan yang bisa menghadapi segala bentuk ancaman misalnya spyware yang memang kerap terunduh secara otomatis. Selain itu mereka juga ampuh untuk melawan malware, serta beberapa jenis virus tertentu. 

  • Bebas Iklan

Dengan Mozilla Firefox, Anda akan mendapatkan fitur Mode Turbo yang berfungsi untuk menangkal aneka macam iklan atau pop-up banner yang akan sangat mengganggu. Sehingga, aktivitas Anda menjelajah internet bisa berjalan nyaman. 

  • Fitur Reader View

Bagi Anda yang memang hobi membaca berita, artikel, website atau apapun pada Mozilla Firefox maka fitur ini akan sangat berguna. Mozilla Firefox menghadirkan fitur berupa Reader View untuk bisa menampilkan page berupa goresan pena saja. Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan pilihan background tertentu, Anda bisa menggunakan tema Sephia & Dark supaya Anda dapat merasa lebih nyaman ketika membaca. 

  • Tab History

Pada Mozilla Firefox, Anda tidak perlu repot-repot membuka tab baru saat ingin membuka sebuah page history. Cukup menggunakan fitur tab history dalam pop up tab mini yang masih ada pada sebelah kiri layar PC Anda. 

  • Berbagai jenis Add Ons

Persis saat Anda menggunakan Chrome, para pengguna Mozilla Firefox juga akan disuguhi berbagai banyak kesempatan perluasan fitur berupa add ons untuk mendukung kebutuhan Anda. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah kita pada banyak hal seperti sinkronisasi sandi, pengelolaan bookmark, dan aneka macam pengaturan kustom. 

Kekurangan Mozilla Firefox

  • Menghabiskan Memori PC

Yang menjadi kelemahan utama Mozilla Firefox berdasarkan banyak pengguna adalah browser ini akan menghabiskan memori yang cukup besar dalam personal komputer, sebagai akibatnya penggunaan browser ini akan kurang optimal saat Anda menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi rendah. 

  • Pengunduhan yang Tidak Berlanjut Otomatis

Kelemahan berikutnya akan Anda temui saat sedang mengunduh suatu file tertentu sambil melakukan penjelajahan aneka macam situs lain. Hal ini terkadang akan menghambat proses pengunduhan dan bahkan terkadang proses tersebut berhenti. Kondisi ini tentu akan sangat menghambat karena proses download tidak berlanjut secara otomatis saat kondisi sudah pulih.

Baca juga: Mengenal 6 Jenis Jaringan Komputer, Pengertian, Topologi, serta Kegunaannya

3. Opera

Di antara beberapa aplikasi browser terbaik dan tercepat yang tersedia saat ini, Opera masih menjadi aplikasi unggulan. Meskipun Opera belum mendominasi pangsa pasar browser global layaknya Chrome dan Firefox, Opera masih bisa menjadi salah satu browser terbaik yang dapat kami rekomendasikan untuk semua sistem operasi.

Kelebihan Opera

  • VPN gratis 

terkadang, saat menggunakan perangkat WiFi publik, penggunaan VPN memang akan sangat mutlak untuk Anda perlukan. Karena dengan VPN, setiap data yang Anda akses tidak akan mudah disusupi oleh peretas. Opera, adalah salah satu browser yang menawarkan utilitas VPN gratis tanpa menggunakan aplikasi tambahan. 

  • Fitur Keamanan yang Komprehensif 

Tidak kalah dengan browser terkemuka lainnya, Opera juga sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat memberitahu pengguna jika ada virus atau malware di website yang dikunjungi. . 

Fitur ini diaktifkan secara default, jadi ketika Opera menemukan situs web berbahaya, peringatan akan muncul secara otomatis di halaman yang ditampilkan. Selebihnya, pengguna akan menentukan sendiri apakah akan terus mengunjungi halaman tersebut atau sebaliknya. 

  • Blokir Iklan dengan Mudah 

Tidak jauh berbeda dengan fitur Mozilla Firefox, Anda dapat dengan bebas memblokir iklan pop-up atau banner yang mengganggu di browser Opera. Caranya cukup aktifkan Ad Blocking di halaman pengaturan browser Opera. 

  • Tersedia Banyak Add Ons 

Opera sudah memberikan banyak sekali opsi Add Ons yang bisa memberikan kita pengalaman berinternet agar bisa kita tingkatkan dengan mudah dan menyenangkan.  

Kekurangan Opera 

  • Tidak Memiliki Bar Loading 

Banyak pengguna yang mengeluhkan tentang tidak adanya bar loading pada tampilan Opera saat kita sedang melakukan browsing. Ini menjadikan kita sangat sulit untuk mengetahui progress loading pada situs yang sedang kita kunjungi. 

  • Pencarian Add Ons Kurang User Friendly 

Di samping itu, banyak pula pengguna yang masih kesulitan untuk mencari Add Ons yang dibutuhkan. Tampilan halaman yang sedikit tidak terstruktur membuat pencarian untuk add-on Opera tidak ramah.

4. Maxthon

Maxthon adalah sebuah browser terbaik yang belum banyak dikenal orang. Pengguna internet di Indonesia mungkin sangat jarang mendengar browser keluaran Cina ini. Mereka sebenarnya  memiliki banyak sekali keunggulan.

Kelebihan Maxthon

  • Kecepatan

Maxthon selalu menjaga performa PC Anda dengan adanya stabilitas koneksi internet, sehingga Anda bisa membuka banyak situs dan tab dengan cepat.

  • Ringan dan Irit Memori

Browser Maxthon terkenal irit pemakaian memori dibandingkan Chrome dan Mozilla Firefox.

  • Interface Ramah

Maxthon memiliki interface yang begitu ramah dan mudah dioperasikan. Mata Anda dapat dimanjakan dengan adanya fitur auto brightness.

Kekurangan Maxthon

  • Minim Add Ons

Sayangnya mereka tidak dibekali dengan pilihan Add Ons atau ekstensi yang cukup banyak. 

5. Vivaldi

Vivaldi adalah sebuah browser terbaik yang patut Anda coba. Browser ini rilis pada tahun 2016 dan diciptakan oleh mantan CEO Opera Software, yaitu Jon Stephenson. Vivaldi awalnya merupakan sebuah komunitas virtual yang menggantikan My Opera, yang kemudian berkembang menjadi browser sendiri.

Keunggulan Vivaldi

  • Fitur Blink Rendering Engine

Fitur ini akan memberikan Anda fasilitas agar dapat mengatur halaman interface sebebas mungkin. Anda dapat mengubah tema, posisi tab, tombol yang terdapat di toolbar, dll.

  • Fitur Note dan Screen Capture

Anda tidak membutuhkan aplikasi atau extensions tambahan untuk bisa melakukan capture screen pada Vivaldi. Anda tinggal mengklik ikon kamera di toolbar bagian bawah kanan. Ada juga fitur Note untuk membuat catatan kecil pada panel sebelah kiri.

Kekurangan Vivaldi

  • Boros Memori

Penggunaan memori Vivaldi pada perangkat Anda sayangnya cukup besar. 

Penutup

Memang ada banyak sekali pilihan browser yang terdapat di pasaran, namun Anda harus benar-benar memilih aplikasi yang aman dan mengetahui jenis browser terbaik. Dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan keamanan perangkat Anda dari berbagai macam secarangan saat melakukan browsing di Internet. Lima browser terbaik diatas bisa Anda pilih sesuai dengan karakteristik dan selera Anda masing-masing, agar bisa mendapatkan pengalaman internet dengan nyaman dan aman.